Senin, 20 Desember 2010

Telah Berpulang Mufti Besar Yordan

deskripsi gambar
Lembaga fatwa Mesir dan perkumpulan ulama Iraq juga merasa beduka dengan wafatnya ulama ini.Telah berpulang ke rahmat Allah fajar Ahad, 19 Desember 2010, Mufti Besar Yordan, Syeikh Nuh Al Qudhat, setelah sebelumnya dirawat di Al Husain Medical City. Jenazah ulama yang berumur 71 tahun ini dimakamkan di komplek makam Ra’s Munif, propinsi Ajlun setelah Ashar di hari yang sama, demikian lansir Al Urduniyah Li Al Anba’ (19/12).

Sebagaimana disebutkan dalam situs pribadi ulama ini, drnouh.com, beliau dilahirkan di Ain Al Jannah, propinsi Ajlun Yordan tahun 1358 H (1939 M) dari keluarga religious. Ayah beliau sendiri Syaikh Ali Salman juga seorang faqih madzhab As Syafi’i, yang memperolah ijazah dari ulama besar Syam di masa itu, yakni Syeikh Ali Ad Daqar.

Setelah menamatkan sekolah tingkatan dasar dan menengah di Ma’had Al Ghara’, beliau menalanjutkan pendidikan di Universitas Damaskus dengan mengambil jurusan Syari’ah. Kamudian beliau melanjutkan ke pasca sarjana Al Azhar Mesir. Setelah memperoleh gelar master, beliau melanjutkan ke tingkatan doktoral di Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud di Riyadh.

Setelah kembali ke Yordan, beliau menjadi penyuluh dalam lingkungan militer Yordan. Pada tahun 1992 beliau ditunjuk sebagai hakim. Namun, jabatan itu hanya beliau jalani selama satu tahun dan lebih memilih untuk mengajar di halaqah masjid dan dosen di Universitas Yarmuk. Pada tahun 1996 beliau ditunjuk sebagai Dubes Kerajaan Yordan untuk Iran. Pada tahun 2004 dipilih sebagai direktur lembaga fatwa Uni Emirat Arab dan penasehat menteri Perwaqafan dan Urusan Agama. Kemudian baru beliau ditunjuk sebagai Mufti Besar Kerajaan Yordan pada tahun 2007.

Dunia Islam ikut merasa kehilangan dengan wafatnya ulama yang mensyarah kitab Al Minhaj karya An Nawawi ini, hingga Dar Al Ifta Al Mishriyah, lembaga fatwa resmi Mesir dan Hai’ah Ulama Iraq ikut berduka dan berdoa agar amalan-amalan beliau diterima Allah Ta’ala.
http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/14734-telah-berpulang-mufti-besar-yordan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode Pembelajaran Al Qur'an & Ilmu Tajwid Bersanad

🎗🎗🎗🎗🥇🎗🎗🎗🎗    *IKUTI & HADIRI* *📚TRAINING FOR TRAINER*📚 _Metode Pembelajaran Al Qur'an & Ilmu Tajwid Bersa...