Senin, 07 November 2011

Puasa Hari Tasyrik?

hari tasyrik

Hari ini( Senin, 07-11-2011 jam 10.00 WIB) ana –saya/bahasa Arab- mendapat sms: “Assalamu’alaikum, bolehkah saya berpuasa hari ini? Katanya ada yang bilang g boleh y? padahal niat saya ingin puasa Senin?

            Tahun ini, kaum muslimin di Indonesia melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Ahad, 06 November 2011 yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1432 H. Sedangkan ana menerima sms tadi sehari setelah shalat Idul Adha. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, kita lihat uraian berdasarkan dalil dari hadits Nabi saw. berikut ini:

Hari Tasyrik ( 11, 12, dan 13 Zulhijjah )
Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah, yakni bertepatan pada hari Senin, Selasa dan Rabu (07-09 Novenber 2011). Pada tiga hari itu umat Islam –Indonesia- masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Namun sebagian pendapat mengatakan bahwa hukumnya makruh, bukan haram. Apalagi mengingat masih ada kemungkinan orang yang tidak mampu membayar dam haji untuk puasa 3 hari selama dalam ibadah haji.
إِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْب وَذِكْرِ اللهِ تَعَالى – رواه مسلم
Sesunggunya hari itu (tsyarik) adalah hari makan, minum dan zikrullah (HR Muslim)
Sesungguhnya Rasulullah saw. menyebut hari Tasyrik ini sebagai hari makan dan minum. Oleh karena itu, jika datang bulan Dzulhijjah dan seseorang ingin berpuasa Senin atau tiga hari selama ayyâmul bîdh maka diharamkan baginya berpuasa pada tanggal 13. Jika orang tersebut tetap berpuasa pada hari itu, maka puasanya tidak sah. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode Pembelajaran Al Qur'an & Ilmu Tajwid Bersanad

🎗🎗🎗🎗🥇🎗🎗🎗🎗    *IKUTI & HADIRI* *📚TRAINING FOR TRAINER*📚 _Metode Pembelajaran Al Qur'an & Ilmu Tajwid Bersa...